29/04/2016

UNSUR-UNSUR DALAM AGAMA | Pendidikan Agama Katolik / Etika Sosial

UNSUR-UNSUR DALAM AGAMA

Pada umumnya semua agama memiliki unsur-unsur sebagai berikut:

1.    Jemaat/umat
Jemaat biasa disebut umat beragama. Umat beragama bukanlah suatu kumpulan umat biasa, yang mengikat mereka pertama-tama bukanlah organisasi,melaikan ikatan batin ikatan ini  tidak hanya terjadi pada saat merayakan perayaan keagamaan, tetapi juga dalam keseluruhan hidup.

2.    Tradisi
Tradisi umumnya berhubungan dengan sejarah. Khususnya sejarah tentang tokoh-tokoh (Nabi,  Rasul, Pendiri agama), tentang ajaran yang diwariskan secara turun-temurun. Ajaran itu biasa menyangkut beberapa bidang:
a.       Ajaran keselamatan
Mengenai Allah dan hubungannya dengan manusia,mengenai sejarah dan hierarki agama itu sendiri, serta bagai mana melalui agama orang dapat bertemu dengan Allah dan memproleh keselamatan.
b.      Ajaran moral
Menyangkut bagai mana orang harus hidup. Ajaran ini cukup banayk bersumber dari kebiasaan etis yang berlaku dalam masyarakat.
c.       Ajaran mengenai ibadat, upacara, kebaktian kepada tuhan dsb.

3.    Ibadat
Ibadat merupakan pertemuan antara Allah dan manusia. Ibadat kerap merupakan ungkapan ketakwaan dan serana untuk salaing menguatkan dalam iman. Ibadat adalah unsur yang paling membedakan antara agama karena ada agama yang mengungkapkan ibadat dengan simbol, tanda, bahasa dan ekspresi dalam bentuk perayaan atau upacara.

4.    Tempat ibadat
Tempat ibadat merupakan tempat yang di khususkan bagi pertemuan manusia dengan tuhan sehingga tempat ini dipandang sebagai tempat yang suci.

5.    Petugas ibadat
Petugas ibadat atau sering disebut sebagai pemimpin atau imam, dipandang sebagai orang yang mempunyai daya kesucian (kesaktian), yang dibagikan kepada jemaat/umat lain di dalam ibadat.

Sumber: buku pendidikan agama katolik / etika sosial:

No comments:

Post a Comment